Menjaga Kondisi Rumah Tetap Sehat

Ketika anggota keluarga anda ada yang sakit, pastinya kita akan cari tahu apa yang menyebabkan penyakit menyerang tubuh. Tanpa anda sadari juga, ternyata penyakit itu sumbernya justru dari kondisi rumah yang tidak dijaga kebersihannya. 

Baca: Hunian Cibubur Aman, Asri dan Strategis

Apabila anda tidak rajin membersihkan rumah, sama saja anda telah membiarkan berbagai kuman penyakit bersarang di rumah. Oleh karena itu, anda harus melakukan pembersihan rumah secara rutin. Tentu caranya sangat mudah dan sederhana sekali. Dengan melakukannya, tentu anggota keluarga dan anda sendiri tetap terjaga kondisinya. Untuk melakukan hal-hal yang sederhana, ikuti cara berikut ini. 

  1. Selalu mencuci tangan 

Pertama, ketika anda ingin membuat rumah di Cibubur (https://asanaresidence.com) selalu dalam kondisi sehat, maka terapkanlah kebiasaan untuk mencuci tangan kepada seluruh anggota keluarga atau orang yang berkunjung ke rumah anda.  Jangan lupa pula untuk mencuci keseluruhan piranti makan sebelum disiapkan di meja makan, baik itu sebelum dan sesudah makan. Semua itu harus anda terapkan secara disiplin supaya anda benar-benar terjaga kesehatannya. 

  1. Kebersihan dapur harus selalu terjaga

Anda tentu juga tidak menyadari, bahwa bahan makanan yang dibeli juga menjadi sumber kuman yang menyebabkan penyakit. Maka dari itu, anda harus menghindarinya dengan cara menjaga kebersihan dapur anda. Untuk melakukannya, anda bisa ikut caranya berikut ini. 

  • Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat sebelum dan sesudah membersihkan bahan makanan. Ketika membersihkan daging mentah baik itu daging sapi, ayam, ikan, serta telur pastikan cara pencuciannya dengan benar. 
  •  Sediakan stok persediaan talenan supaya bisa dipakai sesuai jenis bahan makanannya. Jangan lupa setelah dipakai untuk dicuci dengan menggunakan sabun dan air hangat. Jika ada kerusakan pada talenan, segeralah ganti supaya kuman dan bakteri bisa terhindar dari celah-celah bagian yang rusak. 
  • Letakkan bahan makanan sesuai dengan kebutuhan suhunya. 
  • Cegah kontaminasi silang pada makanan, jangan meletakkan makanan yang telah matang dengan piring yang sebelumnya dipakai untuk meletakkan daging mentah maupun sayuran. 
  • Seluruh area dapur hendaknya dibersihkan dengan menggunakan lap, handuk, maupun disinfektan sesering mungkin.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *