5 Tips Memasang Pemanas Air di Rumah

Pemanas Air

Pemanas air atau water heater menjadi sebuah kebutuhan apalagi jika anda tinggal di lingkungan yang dingin. Nah, saat ini penggunaan pemanas air memang sedang diminati karena praktis dan hemat. Perhatikan 5 tips memasang pemanas air berikut agar nantinya mempermudah anda.

Cek Kondisi

Hal pertama yang harus anda perhatikan yakni bagaimana kondisi water heater? Sebelum memasang water heater, anda harus memastikan bahwa kondisi pemanas air dalam keadaan yang baik. Sebenarnya ketika anda memasang pemanas air bekas nantinya membutuhkan waktu lama untuk proses pengecekan.

Siapkan Alat Bantu

Langkah kedua, mulai siapkan alat bantu pemasangan misalnya obeng, kunci inggris, bor, kran, set shower, regulator, baut dan berbagai alat bantu lain yang dibutuhkan. Tentu saja ini disesuaikan dengan keinginan.

Baca Juga: 6 Manfaat Terapi Air Panas untuk Lansia

Tentukan Titik Kran

Nah, anda harus menentukan titik kran yang nantinya akan dilalui oleh air panas. Bagaimana caranya? Cukup mudah karena hanya perlu mencari titik terdekat dari pemanas air dan kran dengan cara menekan pengeluaran. Lalu tentukan panjang pipa, jumlah pipa dan jumlah kran yang akan digunakan. 

Cek Kesesuaian Pipa

Hal lain yang harus diperhatikan yakni anda disarankan memilih pipa yang sesuai. Pipa yang disarankan untuk digunakan yakni pipa khusus yang memiliki sifat tahan terhadap panas. Beberapa ahli menyarankan untuk menggunakan pipa yang berbahan PERT. 

Langkah Pemasangan

Langkah pemasangan pemanas air yang bisa dilakukan yakni pertama anda lebih disarankan untuk memasang pemanas air di bagian luar kamar mandi. Apa tujuannya? Agar nantinya gas sisa pembakaran tidak masuk ke kamar mandi. Jika memang mengharuskan untuk dipasang di kamar mandi pastikan anda meletakkannya di dekat dengan ventilasi kamar mandi. Seperti yang kita tahu bahwa gas sisa dari pemanas air bukanlah gas yang baik untuk kesehatan tubuh. 

Selanjutnya anda bisa mulai memasang dan menyambung pipa yang dibutuhkan. Pastikan memasang pipa degan kuat dan rapi serta kedap udara. Jangan lupa lakukan uji tekanan untuk memastikan tidak ada kebocoran pipa.

Klik di sini dan temukan pemanas air terbaik https://pemanasairindonesia.com untuk keluarga kesayangan Anda. 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *